Sunday 16 September 2012

Tiga Alasan Tepat Sebaiknya Anda Pilih Kopi Organik

OKEFOOD.com. MUNGKIN Anda termasuk orang yang tidak bisa memulai hari tanpa minum kopi organik. Aroma kopi organik sangat kuat, dengan tambahan gula sebagai pemanis atau krimer yang akan membuat Anda semakin bersemangat menjalani hari.

Dengan semakin populer dan semakin banyaknya ketersediaan makanan organik beberapa tahun terakhir ini, sekarang ada pilihan baru dengan menambahkan kopi mix sebagai minuman pagi Anda. Dalam uji rasa, sebenarnya rasanya sama saja dengan kopi non-organik. Namun, sebagian penguji rasa mengatakan bahwa rasanya lebih baik dan lebih murni. Mengenai harga, tentu lebih mahal.

Jadi, mengapa kita harus repot-repot beralih ke kopi organik? Berikut adalah tiga alasannya, seperti dilansir Yourmodernliving:

Lebih alami seperti pada makanan organik

Kopi organik ditanam tanpa pestisida. Semua jenis bahan kimia untuk pertumbuhan atau bahan sintetis lainnya dijauhkan dari tempat penanaman kopi organik.

Salah satu bahaya menggunakan bahan kimia adalah mencemari tanah yang menjadi tempat pertumbuhan dan juga mencemari air tanah. Pencemaran air ini dapat mengkontaminasi manusia yang menggunakan air tanah dan terkadang  meracuni kehidupan hewan liar. Kopi organik tentunya tidak memakai bahan kimia dalam penanamannya sehingga membantu pelestarian lingkungan.

Penggunaan bahan kimia tidak aman dalam budidaya tanaman organik

Penggunaan bahan kimia ini menjadi ancaman langsung bagi produsen kopi. Ketika bahan kimia diberikan kepada tanaman, petani sering mengalami dampaknya secara langsung yang membahayakan kesehatan mereka.

Untuk konsumen, tentunya lebih diuntungkan karena akan lebih aman mengonsumsi kopi organik tanpa bahan kimia. Jadi, bila Anda mempromosikan kelebihan kopi organik, tidak hanya membantu petani, juga menyelamatkan diri Anda sendiri.

Melestarikan kopi

Mempromosikan konservasi penggunaan bahan kimia dalam menanam kopi dengan tujuan mendapatkan kualitas kopi yang baik, itu pasti memperburuk pertumbuhan kopi. Persyaratan ini mendorong penanaman dan pelestarian pohon, semak, dan tanaman lain yang secara tidak langsung memberikan kelestarian pada kopi.

Cara ini juga merupakan cara terbaik memelihara ekosistem yang rusak akibat degradasi lingkungan. Selain itu, tanah yang digunakan sebagai media penanaman kopi teksturnya menjadi lebih baik dan menjaga kondisi akar tanaman tetap baik pula.

Dengan demikian, ketika kopi organik dalam awal permainan tampaknya tidak mendapat banyak perhatian yang layak, itu memberikan banyak keuntungan. Yaitu, proses produksi umumnya lebih ramah lingkungan, sehat, dan pada akhirnya kopi organik tetap mempertahankan rasa hebatnya. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

No comments:

Post a Comment

Alasan Beli di sini?

Mengapa membeli kopi di kami ? - Kualitas produk Premium dengan quality control profesional - Quality control dengan proses sortir - Eksklusif packaging dengan standar khusus, dapat dijadikan produk souvenir atau hadiah. Dikemas dalam kemasan aluminium-foil. - Semua Produk Kopi KSU Baliem Arabica tersertifikasi oleh Control Union dan Rainforest Alliance untuk Produk Organik dan Produk Ramah Lingkungan - Semua Produk Kopi KSU Baliem Arabica tersertifikasi mengkoordinir One-Village One Product (OVOP) Papua

Di atas semuanya, semua pembeli kami perlu ketahui bahwa yang kami jual sebenarnya ialah masa depan Tanah Papua, masa depan planet Bumi, yaitu keuntungan 10% kami selalu sisihkan untuk perlindungan alam di pulau New Guinea.

Kami telah punya proyek pembasmian tumbuhan invasive/exotic dan juga merintis budaya bisnis ramah lingkungan di seluruh Tanah Papua. Artinya, kopi yang Anda beli, bukan hanya untuk keuntungan saat ini belaka, tetapi juga demi masa depan anak-cucu kita dan umat manusia dan kehidupan semuanya di planet Bumi mengingat pulau New Guinea ialah paru-paru Dunia dengan hutan tropis terbesar ke dua setelah hutan Amazon di Brasilia.